Kisah seputar 弁論大会 ^_^

Teringat saat perlombaan pidato bahasa Jepang, 5 Mei 2012 lalu.. :D
bisa dibilang ajang ikut berdasarkan nekat-nekatan.. termotivasi karena diajak oleh teman untuk ikut. 
katanya "kalau enggak menang juga gak apa-apa, toh dapat kamus kanji. hahaha"
dengan pikiran yang sama, kami berdua pun ikut mendaftar.

pembuatan naskah cukup memakan waktu karena harus menterjemahkan kedalam bahasa jepang yang baik dan benar, dan juga harus tepat dalam penggunaan kanjinya.
hampir setengah rim kertas A4 habis hanya untuk naskah.
hahahhaa...

Latihan yang keras mulai berjalan.. sensei yang melatih dengan kibishii dan para senpai yang menjadi pendengar dan sebagai penilai. hari-hari yang berat, karena naskah harus dihapal dan harus mampu menjawab setiap pertanyaan yang akan dilontarkan seputar isi pidato.

saat itu saya membawa tema mengenai Fangirl :) berhubung saya adalah seorang fangirl, jadi ingin membela kaum fangirl yang dianggap orang aneh..
dan ternyata cobaan masih panjang.. senpai-senpai memberikan kritik yang keras.. bahkan ada yang menjelekkan dibelakang. down!! pasti... saya down.. dan 2 kali menangis.. bahkan sensei yang melatih saya pun sudah khawatir bahwa saya akan mengundurkan diri disaat-saat trakhir. ya,, saya memang hampir mengundurkan diri.
tapi setelah di pikir-pikir sayang sekali kerja keras saya selama ini kalau saya harus mundur di hari trakhir. menyerah sebelum berperang.. akhirnya saya putuskan untuk maju.

satu per satu setiap peserta naik keatas mimbar.. semakin mendekati nomor urut saya. Tangan mulai gemetar, mulai baca-baca doa (hahaha...) tangan berkeringat.. sampai akhirnya giliran saya untuk tampil. Kejadian memalukan sempat terjadi di atas panggung.
karena saya pendek -_- jadi saya harus naik batu yang sudah disediakan di belakang mimbar. Sibuk menggeser batu .. saat naik *BRUUAAK!!!* kepala saya menghantam microphone yang tepat ada diatas saya -_- dan semua penonton, juri, bahkan tamu jepang semua tertawa terbahak-bahak. Saya malu, wajah saya merah seperti tomat. akhirnya saya perlama menggeser batu agar muka merah sedikit berkurang.
"ohayou gozaimasu" kata ini yang menjadi pembuka, dan berarti timer sudah berjalan. 
dengan memaksimalkan apa yang sudah dilatih selama ini, saya berhasil tampil dengan baik dan mampu menjawab setiap pertanyaan juri dengan baik.

Juri saat itu adalah ketua Medan japan Club (bpk. Y.Hagano), ibu Goto, Konsulat muda Jepang Medan (Saito akira), bpk. Yonemura dan ibu Yoshino Aya.

dan puji Tuhan.. perjuangan tidak sia-sia.. saya berhasil membawa pulang piala juara III untuk kategori Lomba pidato bahasa Jepang tingkat UMUM sumatra bagian utara. ^_^
dan semuanya berkat dukungan teman-teman, sensei-sensei, orang tua, dan yang pastinya berkat rezeki dari Tuhan YME ^_^

Tahun depan, saya berencana untuk kembali mengikuti perlombaan ini ^_^ mohon dukungan dari semuanya..
demikian photo-photo saya ...

 

 


sankyuu... sudah baca kisah sayaa :D :D hahaha... :D

2 komentar:

Amiさん、おめでとうございます ^_^

16 November 2012 pukul 05.50 comment-delete

ありがとうございますっ!!^_^

17 November 2012 pukul 02.25 comment-delete

Posting Komentar