Huruf Kanji bagi orang Jepang

yosh... udah lama nih ga munculin topik baru di blog ini.. ^_^
kali ini saya datang dengan topik baru..
yaitu mengenai Huruf Kanji bagi orang jepang sendiri..

mendengar kata huruf Kanji.. apa yang tersirat dalam fikiran kalian? secara nih.. huruf kanji adalah hurufnya orang Jepang.. nah... pasti yang kalian fikirkan orang jepang mahir banget dalam hal kanji..

tapi ternyata tidak seperti yang kita bayangkan ... orang jepang sendiri juga kesusahan loh dengan huruf kanji.
sejenak tadi saya melakukan sesi tanya jawab dengan narasumber Tatsuya nabeshima san mengenai huruf Kanji bagi orang Jepang.
dan ternyata beliau mengatakan bahwa huruf kanji bagi orang jepang sendiri itu adalah sulit.
bahkan banyak orang jepang yang tidak bisa kanji.. atau lebih tepatnya hanya kanji umum atau kanji dasar saja.

beliau juga mengatakan kalau hanya sekitar 30% penduduk Jepang secara keseluruhan yang bisa menguasai kanji 1kyuu atau level 1. itu artinya 70% lagi???
yup.. selain itu orang jepang juga hanya mampu memahami 80% dari isi yang tertulis di dalam shinbun ataupun surat kabar jepang.. sisanya mereka menebak kira-kira apa maksudnya.

orang jepang belajar huruf kanji dari SD sampai....??? sampai Ibu-ibu dan bapak-bapak juga mereka tetap belajar kanji.. dan mereka tetap merasa kesulitan meskipun setiap hari bertemu dengan huruf kanji.
kanji-kanji sulit banyak yang mereka tidak bisa baca maupun tulis..

banyak juga orang jepang yang tidak bisa menulis kanji namun dapat membaca dengan baik, dikarena kebiasaan menggunakan media elektronik untuk menulis kanji. seperti laptop maupun Handphone..
Mayumi sensei (native speaker) di universitas tempat saya menuntut ilmu juga adalah salah satu kasus seperti ini.. mampu membaca namun kesulitan dalam menulis. Beliau sendiri mengakui hal itu karena terbiasa menggunakan PC saat menulis..

Nah... bagi orang jepang sendiri saja seribet ini..? lalu bagaimana kita orang Indonesia yang jelas-jelas huruf kita itu adalah ABC bukan Kanji ataupun sejenisnya..
maka dari itu orang jepang sangat salut dan terkejut jika tau kita (orang asing) mampu berbahasa jepang apalagi bisa mengerti huruf kanji.. hehe...
jadi buat yang belum bisa kanji jangan minder ya.. toh, jepangnya sendiri bilang sulit kok.. hehe


special thanks to : Tatsuya Nabeshima

1 komentar:

ijin share yah kak makasih

Elever Media Indonesia

2 Februari 2021 pukul 22.16 comment-delete

Posting Komentar